TIU KELEP AIR TERJUN "TETANGGANYA" SINDANG GILA


TIU KELEP (DOK. PRIBADI)

MENYEBRANGI SUNGAI (DOK. PRIBADI)
 TIUKELEP merupakan air terjun yang  terdapat di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Secara etimologi Tiu Kelep berasal dari  kata Tiu dan Kelep. Tiu berarti air terjun. sementara itu, Kelep berarti terbang. Dengan demikian, Tiu Kelep memiliki makna air terjun yang terbang. Pemberian nama itu disebabkan oleh percikan air terjun tersebut sangat banyak yang seolah diterbangakan oleh angin. Percikan air tersebut dapat Anda rasakan dari jarak 5 meter.
Setelah treking selama 15 menit Anda akan tiba di air terjun Sindang Gila. Nah untuk mencapai Tiu Kelep Anda harus belok kanan dan melanjutkan treking sekitar 20 menit lagi. Medannya bisa dikatakan cukup sulit karena Anda harus menyeberangi sungai sebanyak dua kali. Begitu Anda tiba di sebuah celah batu besar maka Anda akan segera mendengar gemuruh seperti suara hujan. Suara itu tiada lain adalah suara air yang jatuh dari air tejun yang Anda tuju. Maka tibalah Anda di Tiu Kelep, air tejun dengan kolam yang dalam dan cukup luas. Air tejunnya seperti tirai yang menutupi dinding jurang dengan aliran air utama yang lebih tinggi dan sangat deras.
Tercatat ada beberapa pengunjung yang meninggal tertelan arus air tejun ini. Oleh karena itu pengujung harus hati-hati.

Air terjun ini sudah termasuk satu paket dengan air tejun Sindang Gila. Dengan hanya membayar 5000 rupiah Anda sudah bisa menikmati keduanya hingga puas.



0 komentar: