AIR TERJUN PUTRI KEMBAR



Air Terjun Putri Kembar (Dok.Tim Temburun)
Keunikan air terjun ini ialah adanya tiga air terjun pada satu lokasi yang sama. Dua air terjun berada di sisi kanan dengan ketinggian sekitar 10 meter. Sementara itu, satu air terjun lainnya berada di sisi kiri dengan ketinggian sekitar 15 meter. Ketiga air terjun yang saling berhadapan ini terlihat sangat cantik, secantik putri. Oleh karena itu lah dinamai Air Terjun Putri kembar.

Lokasi & Aksebelitas
Air Terjun Putri Kembar ini berada di Dusun Kerandangan Desa Senggigi Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat. Berjarak Sekitar 17 Km dari kota Mataram. Rute yang dapat ditempuh yaitu Mataram-Ampenan-Senggigi-Kerandangan atau Mataram-Gunung Sari-Senggigi-Kerandangan

Tiket & Parkir

Pengunjung Nusantara Rp 5000,-/orang untuk hari biasa & Rp 7500,-/orang untuk hari libur Pengunjung Mancanegara Rp 100.000,-/orang untuk hari biasa Parkir Rp 1000,- untuk roda dua 

Gapura Taman Wisata Alam Kerandanagan (Dok. Tim Temburun)
Trek

Dari tempat parkir kita harus berjalan kaki sekitar 1 jam. Trek pertama berupa jalan setapak membelah hutan tropis khas Indonesia. 
Trek (Dok. Tim Temburun)
Selanjutnya kita harus menyebrangi sungai sebanyak tiga kali. Sebenarnya sungai tersebut hanya satu sungai. Namun karena trek-nya yang melitir mengahruskan kita menyeberanginya sebanyak tiga kali.

Sungai (Dok. Tim Temburun)
Dari penyebrangan sungai yang terakhir, kita harus berjalan sekitar 750 meter lagi. Taman Wisata Alam ini sudah dikelola sejak tahun 1992 namun treknya ditata dengan sangat alami. Sehingga sensasi berpetualang sangat terasa. Sensasi berpetualang semakin terasa dengan adanya sungai disisi kanan trek dan pohon beringin dengan akarnya yang sangat indah. 

Akar Beringin (Dok. Tim Temburun)
Selama perjalanan menuju Putri Kembar setidaknya kita bisa menjumpai 3 air terjun kecil diantaranya Air Terjun Goa Wallet, Temburun Beriq, & Temburun Nyeboq. Selain itu kita juga akan melewati dua batu ukuran raksasa. Yang mana salah satu air terjunnya yaitu Temburun Nyeboq berada di balik batu ukuran raksasa itu. Air Terjun tersebut seolah bersembunyi di balik batu. Oleh sebab itu lah disebut Temburun Nyeboq (Air Terjun Tersembunyi).
   
Fasilitas & Akomodasi
WC & Mushala hanya tersedia di pos jaga. Sementara itu tempat sampah masih sangat minim. Sebaiknya kita membawa reuse bag sebagai tempat sampah agar tempat yang seindah ini tidak terkotori oleh sampah makanan dan minuman yang kita bawa. Sementara itu, akomodasi sudah banyak tersedia karena tempat ini masih dalam wilayah wisata Senggigi.

Safety First and Keep Clean Always!

Tonton video Air Terjun Putri Kembar di www.youtube.com/user/lombokstream
Ingin kunjungi Air Terjun Putri Kembar?
Hubungi 081 90 700 8 100 | 085 33 77 83 413 (Leader Temburun)
E-mail: adidevonk5189@gmail.com

0 komentar: