AIR TERJUN BENANG STOKEL

Air Terjun Kembar di Kaki Rinjani
Nuriadi-Wisata Air Terjun Lombok- Ketapang, 10 April 2015 | 11:32 Wita
Benang Stokel (Dok. Tim Temburun)


Air terjun kembar dengan ketinggian sekitar 30 meter ini berada di jalur utara menuju gunung Rinjani. Dalam bahasa masyarakat setempat Benang Stokel berarti Sepintal Benang.

Lokasi & Aksebelitas
Air terjun yang telah dibuka sejak tahun 2000 ini berada di Dusun Pemotoh-Desa Aiq Beriq- Kecamatan Batu Keliang Utara-Kabupaten Lombok Tengah-Propinsi Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 30 Km dari kota Mataram. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 45 menit. 


Rute yang dapat ditempuh yaitu Mataram-Sweta-Narmada-Batu Keliang-Pancor Dao-Teraktak-Desa Aiq Beriq-Dusun Pemotoh. Setiba di pertigaaan Desa Pancor Dao, arahkan kendaraan ke timur laut hingga mencapai pertigaan Pasar Teratak.  Selanjutnya di pertigaan ini ambil belokan ke kiri ke arah utara melewati jalan pedesaan. Belum tersedia angkutan umum menuju ke air terjun ini  sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan.  


Beberapa Km awal kondisi jalannya kurang bagus. Selain itu jalannya cukup sempit untuk dua kendaraan berpapasan.  Akan tetapi beberapa Km  hingga tempat parkir jalannya sudah bagus. Minimnya petunjuk jalan menyebabkan pengunjung baru salah jalur dan kesasar sebab banyak sekali dijumpai tikungan dan pertigaan menuju ke sana.



Tiket & Parkir
Pengunjung Nusantara  Rp 3000,-/orang
Parkir Rp 2000,- untuk roda dua

Trek
Dari tempat parkir kita harus berjalan kaki  sekitar 15 menit. Trek pertama berupa jalan setapak membelah hutan tropis khas Indonesia. Jalannya sudah di-paving blok. Selanjutnya kita harus menyebrangi jembatan kecil. Dibawah jembatan tersebut terdapat satu air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter. Oleh masyarakat tersebut air terjun tersebut disebut Pengkelep Udang.

Fasilitas & Akomodasi
WC & Mushala sudah tersedia. Sementara itu tempat sampah masih sangat minim. Sebaiknya kita membawa reuse bag sebagai tempat sampah agar tempat yang seindah ini tidak terkotori oleh sampah makanan dan minuman yang kita bawa.

Safety First  and Keep Clean Always!

Tonton video Air Terjun Benang Stokel di www.youtube.com/user/lombokstream

Ingin kunjungi Air Terjun Benang Stokel?
Hubungi 081 90 700 8 100  |  085 33 77 83 413 (Leader Temburun)
E-mail: adidevonk5189@gmailcom

0 komentar: