AIQ KELEP BATU BUTIR

Air Terjun dengan Trek Susur Sungai di Gunung Sari Lombok Barat
Nuriadi-Wisata Alam-Ketapang,19 Pebuari 2105 | 12:42 Wita
AIQ KELEP BATU BUTIR (DOK. WAHYU NURWAHID)
Kekhasan air terjun AIQ KELEP BATU BUTIR ini adalah trek-nya yang mengharuskan kita susur sungai. Panjang sungai yang harus disusur sekitar 2 hingga 2,5 KM. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 45 menit hingga 1 jam.
AIR TERJUN TINGKAT EMPAT (DOK. HERKIANDI)
Di tempat ini terdapat 5 air terjun. 1 air terjun di sebelah kiri dan 4 air terjun lainnya di sebelah kanan di aliran sungai yang berbeda dengan air terjun yang pertama.
Air terjun yang pertama memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Air terjun pertama tersebut tidak terlihat dari kejauhan karena saat kita susur sungai posisinya tersembunyi dibalik bukit. Yang terlihat malah air terjun yang paling jauh.
Jika ingin menikmati air terjun ke -3, 4, dan 5  kita harus menggunakan peralatan rock climbing karena aksesnya sangat sulit.
AIQ KELEP BATU BUTIR  berada di Dusun Batu Butir, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 
Aksebelitas:
Rute perjalanan yang dapat ditempuh  yaitu Mataram-Rembiga-Gunung Sari-Medas-Batu Butir. Untuk menuju dusun Batu Butir diperlukan waktu sekitar setengah jam dengan kendaran roda dua dari pusat kota Mataram. Posisi Dusun Batu Butir ini tidak jauh dari SPBU Gunung Sari. Hanya beberapa ratus meter setelah SPBU tersebut. Tepatnya di sebelah kanan jalan atau sebelum Cafless Waterpark. Selanjutnya dari Dusun Batu Butir kita masih harus masuk hutan tropis dengan trek agak off road
TREK SEMPIT & TERJAL (DOK. HERKIANDI)
Kemudian jalan kaki melewati kebun kopi dan kebun durian sekitar 1 jam, 
HUTAN TROPIS (DOK. HERKIANDI)
dan terakhir menyusuri sungai sekitar 45 menit hingga 1 jam.

SUSUR SUNGAI (DOK. HERKIANDI)


Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp. 0. Parkir Rp. 0 alias gratis.

Fasilitas dan Akomodasi


Di kawasan objek wisata alam yang belum terjamah ini belum tersedia fasilitas apapun. Orang yang berjualan pun tak ada sama sekali so sangat disarankan untuk membawa makanan atau membeli dulu sekitar pasar Gunung Sari. Satu catatan penting lagi “jangan pernah berharap menemukan penginapan disana kecuali kita membawa tenda sendiri dan siap berkemah di dalam hutan”


Referensi:
Catatan Perjalanan Nuriadi & Tim Temburun


0 komentar: