AIR TERJUN SEGENTER

Bidadari Tersembunyi di dalam Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Lombok Barat
Nuriadi-Wisata Alam Lombok-Selasa, 28/10/2014|11:39
GUYURAN AIR TERJUN (DOK. HARMAIN)
Ketinggian Air Terjun Segenter mencapai 20 meter dengan kolam yang luas dan dalam. Air terjun ini berada di Dusun Kumbi Desa Lembah Sempaga Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Tepatnya berada dalam kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa. Sekitar  30 KM dari Mataram (Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat).
Rute perjalanan yang dapat ditempuh yaitu: Mataram-Sesaot-Lembah Sempaga-Kumbi.
Untuk mencapai lokasi objek wisata tersebut, dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Kondisi jalan relatif baik, hanya pada 4 km terakhir menjelang tiba di lokasi jalannya kurang bagus.

Tepatnya setelah memasuki gapura Taman Hutan Raya Nuraksa. Jalannya masih berupa jalan tanah berdebu dan bergelombang. Lebarnya hanya muat untuk satu mobil. Mengingat jalan membelah hutan ini cukup ekstrim, pengunjung disarankan menggunakan sepeda motor atau mobil offroad.
.  


Selanjutnya dari areal parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki. Pada trek ini Anda harus menuruni sebanyak 137 anak tangga. Yang dapat ditempuh hanya sekitar 5 menit. 

Setelah setengah perjalan ada trek yang cukup terjal. Sebenarnya pada trek itu sudah ada palang pengaman dari besi, hanya saja kondisinya sudah tidak kokoh. Oleh karena itu, pengunjung harus tetap hati-hati.
Ini salah satu potensi wisata Kabupaten Lombok Barat yang belum dikelola dengan baik. Buktinya Anda bisa menikmati keindahan air terjun ini tanpa tiket masuk dan parkir. Gratis total.

Referensi:
Catatan Perjalanan Adi Dev Onk


0 komentar: