AIR TERJUN BENANG KELAMBU

Air Terjun Tirai Raksasa di Kaki Rinjani

Nuriadi-Wisata Air Terjun Lombok- Ketapang, 10 April 2015 | 12:03 Wita
Benang Kelambu (Dok. Tim Temburun)
Air terjun berbentuk tirai raksasa dengan ketinggian sekitar 40 meter ini berada di jalur utara menuju gunung Rinjani.  Enam deret Air terjun ini keluar dari sela-sela pohon gambung yang rindang. Air yang tercurah dari atas bukit ini mirip dengan kelambu/ tirai.  Oleh karena  itu, air terjun ini disebut Benang Kelambu.  


Lokasi & Aksebelitas
Air terjun yang telah dibuka sejak tahun 2004 ini berada di Dusun Pemotoh-Desa Aiq Beriq-Kecamatan Batu Keliang Utara-Kabupaten Lombok Tengah-Propinsi Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 30 Km dari kota Mataram. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 45 menit. Rute yang dapat ditempuh yaitu Mataram-Sweta-Narmada-Batu Keliang-Pancor Dao-Teraktak-Desa Aiq Beriq-Dusun Pemotoh.

Tiket & Parkir
Pengunjung Nusantara  Rp 3000,-/orang
Parkir Rp 2000,- / sepeda motor

Trek
Dari tempat parkir kita harus berjalan kaki  sekitar 45 menit.  Trek pertama berupa jalan setapak membelah hutan tropis khas Indonesia. Jalannya sudah di-paving blok. Selanjutnya kita harus menyeberangi jembatan kecil. Dibawah jembatan tersebut terdapat satu air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter. Oleh masyarakat tersebut air terjun tersebut disebut Pengkelep Udang.

Pada sisi kiri sekitar 50 meter sebelum kolam air terjun Benang Stokel terdapat jalan masuk berupa jalan setapak yang cukup terjal.Dari jalan masuk ini perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati hutan sekitar 1 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Kontur jalannya bervariatif. Ada tanjakan, turunan, & sungai kecil. Di sepanjang jalan setapak ini juga banyak dijumpai lapak yang menjajakan makanan dan minuman ringan seperti dijumpai di jalan masuk Air Terjun Benang Stokel.
Trek (Dok. Tim Temburun)
Trek terakhirnya berupa penurunan dengan 175 anak tangga. Menuruni anak tangga ini bisa dikatakan tidak berat. Namun akan terasa berat saat perjalanan pulang karena kita harus menanjakinya 175 anak tangga tersebut.


Fasilitas & Akomodasi
Kamar ganti & WC-nya cukup memadai. Selain itu juga tersedia jasa ojek dengan tarif Rp 20.000,-/ pengunjung nusantara & Rp 50.000,-/pengunujung mancanegara. Sementara itu, tempat sampah yang tersedia masih sangat minim. Oleh karena itu, sebaiknya kita membawa reuse bag sebagai tempat sampah agar tempat yang seindah ini tidak terkotori oleh sampah makanan dan minuman yang kita bawa.

Safety First  and Keep Clean Always!

Tonton video Air Terjun Benang Kelambu di www.youtube.com/user/lombokstream


Ingin kunjungi Air Terjun Benang Kelambu?
Hubungi 081 90 700 8 100  |  085 33 77 83 413 (Leader Temburun)

E-mail: adidevonk5189@gmailcom 

0 komentar: