T I U T E J A

Saat Musim Penghujan  (Dok. www.wisatapulaulombok.org)
Air Terjun Berhias Pelangi di Hutan Santong Lombok Utara
Nuriadi – Wisata Alam Lombok – Rabu, 08/10/2014 | 18:42 WITA
Tiu Teja Saat Kemarau (Dok. Pribadi)

TIU TEJA terdapat di Dusun Waker, Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam bahasa Sasak (dialek Bayan), "Teja" artinya Pelangi, masyarakat menyebut air terjun tersebut dengan nama Tiu Teja  karena adanya pembiasan cahaya warna warni yang indah seperti pelangi di Air Terjun ini. Agar dapat menikmati pemandangan mempesona tersebut pastikan Anda tiba di sana ketika sinar matahari menerpa Air Terjun tersebut.
Dari Ibu Kota Mataram berjarak sekitar 60 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua ataupun menggunakan roda empat dengan kecepatan normal diantara 60/75 km/jam. Berikut Koordinat lokasi Tiu Teja jika Anda ingin menggunakan GPS: 8° 18' 10.39" S 116° 19' 35.10" E. Nah buat Anda yang enggak punya Global Positioning System (GPS), Anda tetap bisa menggunakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat) untuk bertanya lokasinya dimana, karena disana banyak warga yang berlalu-lalang menuju kebun mereka.
Tangga Menuju Tiu Teja (Dok. Pribadi)


Tiu Teja dari Kejauhan (Dok. Pribadi)
Untuk tiba di Tiu Teja, Anda harus menapaki sekitar 200 anak tangga dengan kemiringan yang cukup curam. So Anda harus berhati-hati. Setelah melewati puluhan anak tangga Anda bisa melihat Tiu Teja dari kejauhan. Dijamin deh bakal bikin enggak sabar tiba di sana.

Tiu Teja memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Air terjun ini terdiri dari dua terjunan air yang berdampingan, akan tetapi di musim kering hanya terbentuk satu terjunan saja. Tiu Teja dikelilingi oleh tumbuhan yang rimbun nan hijau. . Di bawah terjunan air terdapat kolam dengan kedalaman sekitar 1,2 meter. Dengan demikian, Anda bisa berenang dengan aman disana.
Tepat di depan air terjun tersebut tersedia sebuah berugaq (gazebo) yang bisa digunakan untuk bersitirahat sambil menikmati sejuknya udara hutan dan keindahan Tiu Teja. 
Berugaq (Dok. Pribadi)








Referensi :
Catatan Perjalanan Wisata Adi Dev Onk
http://lombokutarakab.go.id

https://sites.google.com/site/wisataairterjun/nusa-tenggara-barat/tiu-teja diakses 8 Oktober 2014 pkl 18:07
http://7og4nk.blogspot.com/2014/10/AirTerjunTiuTejaLombokUtara.html diakses 8 Oktober 2014 pkl 18:15

0 komentar: