SINDANG GILA AIR TERJUN BERTINGKATNYA PULAU LOMBOK

Treknya dijamin aman deh
(Tangga Menuju Air Terjun (Dok. Pribadi)
Air Terjun Sindang Gila (Dok. Pribadi)
 Air terjun Sindang Gila berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Sindang Gila berasal dari kata Singang yang berarti Singa dan Gila yang berarti Gila Jadi Sindang Gila berati Singa Gila. Berdasarkan mitos yang dipercayai masyarakat setempat, dahulu kala di air terjun tersebut sering muncul seekor singa yang diduga gila karena sering berlaku aneh.
Guna mencapa Air Terjun dari loket masuk Anda harus menuruni sekitar 367 anak tangga dengan kemiringan 90 derajat untuk dapat menikmati keindahan air terjunnya. Waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit perjalanan. Air terjun bertingkat dua tersebut sudah tampak saat Anda menapaki anak tangga sekitar 200 meter dari gerbang masuk.
Air terjun ini sudah dikelola dengan cukup baik, disana telah tersedia beberapa berugaq (tempat beristirahat), tempat sampah, toilet, dan treknya sudah di-PC dengan palang pengaman sepanjang sisinya. Dengan demikian kegiatan treking Anda akan sangat aman dan nyaman.
 Daerahnya termasuk daerah tinggi yang selalu sejuk dengan hutan yang masih lebat dan rimbun. Aroma hutannnya yang khas dapat menyegarkan pikiran Anda. Selain itu, di beberapa spot tertentu Anda dapat menjumpai kawanan monyet hitam yang membuat Anda merasa begitu dekat dengan alam. Dijamin deh  Anda akan merasa damai berada di tempat ini.
Tinggi Air Terjunnya sekitar 75 meter dengan debit volume air yang deras. Debit airnya bisa dikatakan kosisten meski di musim kemarau panjang sekalipun. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, Anda cukup mengeluarkan 5000 rupiah saja, udah bisa deh menimakti maha karya alam yang menakjubkan.
Anda masih ingin menikmati air terjun yang lebih indah?
Ayo kunjungi Tiu Kelep, air terjun yang berdekatan dengan air tejun Sindang Gila!

Refrensi:
1. Catatan Perjalanan Wisata Adi Dev Onk
2. Archipelego Metro TV Maret 2014
3. Tama, Gilang dan Endah Kemala. (tanpa tahun). Backpacker    Bali-Lombok. Bekasi: Laskar Aksara.
4. Farhan Afif.  Dua Air Terjun Cantik di Kaki Gunung Rinjani.  Detik Travel -Rabu,15/01/2014 15:30 WIB


1 komentar: