TIU PUPUS

Air Terjun yang Sedesa dengan Air Terjun Kerta Gangga
Nuriadi-Wisata Alam Lombok-Kamis, 30/10/2014 | 15:21 WITA
Tiu Pupus (Dok. Wisata Air Terjun)
Tiu Pupus merupakan air terjun  dengan ketinggian 50 meter dengan tebing berwarna kecokelatan. Kolamnya cukup luas yaitu sekitar 100 meter persegi dengan kedalaman sekitar 4 meter. Tiu Pupus secara administratif terletak di Dusun Kerurak, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.
Air terjun ini berjarak sekitar  70 km dari Mataram (Ibu Kota Propinsi Nusa Tenggara Barat). Waktu tempuh yang dibutuhkan  sekitar 1 jam perjalanan baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.
Tebing Tiu Pupus (Dok. Pribadi)
Kondisi jalan menuju lokasi air terjun ini cukup bagus. Selain itu lokasinya  mudah ditemukan karena telah tersedia petunjuk arah.
Trek ke Tiu Pupus (Dok. Pribadi)
Aliran Air Tiu Pupus (Dok. Pribadi)
Nah mengingat belum tersedianya angkutan umum menuju ke air terjun tersebut sebaiknya Anda menyewa kendaraan atau Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi.  Rute perjalanan yang dapat ditempuh  yaitu Mataram-Pemenang-Tanjung-Gondang-Ledang Bagian-Kerurak.

Dari lokasi parkir, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit  menyusuri jalan setapak, perkampungan, dan hutan lindung. Untuk menikmati pesona Tiu Pupus Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket karena hingga sekarang belum berlaku ticketing di tempat wisata ini. Dengan demikian konsekuensinya adalah fasilitas dan akomodasi juga belum tersedia.
Tak jauh dari Tiu Pupus juga terdapat Air Terjun Kerta Gangga. Lokasinya pun masih satu desa yaitu sama-sama berada di Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Dari Tiu Pupus, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan sekitar 6 km.

Referensi:
Catatan Perjalanan Adi Dev Onk

http://wisataairterjunblogspot.com

0 komentar: